Iskandar, Rozie (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Berdasarkan Masalah di Kelas IV SDN 01 Baringin Anam Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ROZIE_ISKANDAR_93680_1293_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ROZIE_ISKANDAR_93680_1293_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ROZIE_ISKANDAR_93680_1293_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru dan masih dominan mengunakan model ceramah dalam penyampaian materi, guru belum mengoptimalkan dan menitik beratkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, siswa kurang terlibat dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran, siswa kurang terlatih menggali dan menemukan jawaban dari permasalahan. Berdasarkan permasalahan yang penulis temukan hasil belajar IPS siswa masih rendah, untuk itu penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan berdasarkan masalah di kelas IV SDN 01 Baringin Anam Kecamatan Baso, Kabupaten Agam Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 78% dan pada siklus ke II meningkat 92%. Hasil penilaian aktivitas guru pada siklus I adalah 82% dan pada siklus II meningkat 94%. Hasil penilaian aktivitas siswa pada siklus I adalah 78,5% dan pada siklus II meningkat 94%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 70,11 dan pada siklus II meningkat 87,99. Dengan demikian pengunaan pendekatan berdasarkan masalah dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 01 Baringin Anam, Kecamatan Baso Kabupaten Agam terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Pendekatan Berdasarkan Masalah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16602 |