Pengaruh Penggunaan Teknik Talking Chip Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Yanda, Arif Budi (2012) Pengaruh Penggunaan Teknik Talking Chip Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ARIF_BUDI_YANDA_05054_574_2013.pdf] Text
B1_5_ARIF_BUDI_YANDA_05054_574_2013.pdf

Download (738kB)

Abstract

Pembelajaran IPA fisika yang ditemukan di lapangan belum sesuai
dengan yang diharapkan menurut KTSP. Siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan
pembelajaran, khususnya dalam berdiskusi. Pada saat berdiskusi belum banyak
siswa yang ikut berpartisipasi aktif. Akibatnya, situasi belajar menjadi monoton
dan siswa menjadi tidak aktif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu teknik
pembelajaran yang mampu mendorong siswa aktif dalam pembelajaran,
khususnya saat diadakannya diskusi kelompok, sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar IPA fisika. Teknik talking chip dapat digunakan untuk membuat
siswa aktif dalam pembelajaran, serta menciptakan adanya pemerataan saat
berdiskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan teknik talking chip terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VII
SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.
Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimental research dengan rancangan
randomized control group only design. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 1
IV Jurai yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel
digunakan teknik cluster random sampling. Sampel adalah kelas VII1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian adalah
hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumen penelitian
adalah tes hasil belajar pada ranah kognitif, lembar observasi pada ranah afektif
dan rubrik penskoran pada ranah psikomotor.
Hasil penelitian adalah hasil belajar rata-rata pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif adalah 78,25 pada kelas
eksperimen dan 70,08 pada kelas kontrol. Selanjutnya hasil belajar rata-rata pada
ranah afektif adalah 81,27 pada kelas eksperimen dan 75,36 pada kelas kontrol.
Lebih lanjut hasil belajar rata-rata pada ranah psikomotor adalah 73,18 pada kelas
eksperimen dan 68,27 pada kelas kontrol. Terdapatnya perbedaan hasil belajar
pada ketiga ranah disebabkan oleh pengaruh perlakuan yang diberikan yaitu
penggunaan teknik talking chip Setelah dilakukan uji t terhadap kedua kelompok
sampel pada ranah kognitif didapatkan thitung = 2,21 lebih besar dari ttabel = 1,67.
Pada ranah afektif didapatkan thitung = 2,043 lebih besar dari ttabel = 1,67 dan pada
ranah psikomotor didapatkan thitung = 2,085 lebih besar dari ttabel = 1,67.
Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang
berarti penggunaan teknik talking chip terhadap hasil belajar IPA fisika siswa
kelas VII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dapat diterima pada taraf
nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:13
Last Modified: 23 Jul 2025 04:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item
View Item