Yusnica, Yusnica (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SD Negeri 19 Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUSNICA_95423_1086_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUSNICA_95423_1086_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUSNICA_95423_1086_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas V SD N 19 Timbulun dalam pembelajaran PKn belum sesuai dengan yang diharapkan, dalam penyampaian materinya masih kurang dipahami siswa. Masalah tersebut dikarenakan kurang bervariasinya dalam penggunaan model pembelajaran dan penggunaan model yang kurang tepat dengan materi,sehingga kurang membangkitkan minat siswa dalam menerima pelajaran. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana prosesnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Model pembelajaran ini dilakukan melalui enam tahap, dimulai dari mengidentifikasi topik dan mengatur siswa ke dalam kelompok, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempersentasikan laporan, evaluasi. Hasil penelitian meningkat.dapat dilihat dari hasil RPP pada siklus I persentasenya 70,83% meningkat menjadi 85,42% pada siklus II. Pada kegiatan guru siklus I memperoleh persentase 77,67% meningkat menjadi 90,17% pada siklus II, sedangkan kegiatan siswa pada siklus I persentase 75,89% meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Hasil belajar siswa dilihat dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor nilai rata-rata pada siklus I 72,3 meningkat menjadi 83,95 pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada kelas V SD N 19 Timbulun.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PKn, Group Investigation, Model Kooperatif, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16599 |