Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X TKR di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Febly, Farhan (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X TKR di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_FARHAN_FEBLY_17035092_4353_2021.pdf] Text
final_B1_07_FARHAN_FEBLY_17035092_4353_2021.pdf

Download (847kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X TKR di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah dua kelas, yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui observasi sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, aktivitas belajar, hasil belajar, Gambar Teknik, SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:13
Last Modified: 23 Jul 2025 04:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16598

Actions (login required)

View Item
View Item