Manurung, Marince (2012) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Cooperative Learning Type Jigsaw di Kelas VI SDN 26 Bahagia Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARINCE MANURUNG 52606_2041_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARINCE MANURUNG 52606_2041_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARINCE MANURUNG 52606_2041_2013.pdf
Download (813kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti dikelas VI SDN 26 Bahagia Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman, guru dalam proses pembelajaran masih mengunakan metode ceramah dan guru lebih dominan sementara siswa lebih banyak diam serta penlaian pembelajaran hanya ranah kognitif. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hasl belajar dalam pembelajaran PKN dengan mengunakan pendekatan kooperatve learning tipe jigsaw. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengunakan pendekata pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw.yangmana model Cooperative Learning Type Jigsaw dilakukan dalam lima langkah yaitu: “ (1) Membaca. (2) Diskusi kelas pakar. (3) Laporan kelompok. (4) Tes/kuis. (5) Penghargaan kelompok. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dan tiga kali pertemuan.Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 26 Bahagia Panti yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penilaian menunjukan siklus I RPP terjadi peningkatan dari nilai ratarata 71.66% pada siklus Imenjadi 92,85% pada siklus II.Hasil penilaian aspek guru terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 72,78% pada siklus I menjadi 96,42% pada siklus II. Padaaspek siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 69,30% pada siklus I menjadi 89,20 pada siklus II.Hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 70,11 pada siklus I meningkat menjadi 90,55 pada siklus II, Pada ranah apfektif meningkat dari nilai rata-rata 78 pada siklus I menjadi 97 pada siklus II, dan pada ranah psikomotor meningkat dari rata-rata 75 pada siklus I menjadi 95,00 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa pendekatan kooperatif learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN dikelas VI SDN 26 Bahagia panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Tipe Jigsaw, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:10 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16591 |