Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI TPM 2 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Futiani, Fani (2023) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI TPM 2 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_FANI_FUTIANI_18022011_3554_2023.pdf] Text
final_B1_07_FANI_FUTIANI_18022011_3554_2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut kelas XI TPM 2 SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II dan sangat baik pada siklus III. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 16 orang siswa (53,33%) pada siklus I menjadi 22 orang siswa (73,33%) pada siklus II dan 26 orang siswa (86,66%) pada siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut kelas XI TPM 2 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran NHT, teknik pemesinan bubut, SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:10
Last Modified: 23 Jul 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16587

Actions (login required)

View Item
View Item