Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganaegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament) di Kelas IV SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.

Mariati, Mariati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganaegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament) di Kelas IV SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARIATI_57149_4563_2012.pdf] Text
final_B1_6_MARIATI_57149_4563_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berasal dari kenyataan dilapangan yaitu di SDN 14 Gunung Tuleh bahwa proses pembelajaran lebih sering menggunakan metode ceramah atau konvensional, penggunaan media dalam mengajar jarang dilakukan, metode yang kurang tepat dalam mengajar, bahkan guru sangat jarang sekali menggnakan model kooperatif learning dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran tersebut membosankan atau jenuh bagi siswa dan siswa sulit memahami materi pelajaran khususnya mata pelajaran Pkn. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendiskripsikan rancangan pelaksanaan dan hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif learning tipe TGT pada pembelajaran Pkn di kelas IV SD. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses penerapan model kooperatif learning tipe TGT dalam meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SDN 14 Gunung Tuleh Pasaman Barat. Berdasarkan hasil penelitian,yang diperoleh bahwa pendekatan belajar kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa denga empat langkah pendekatan pembelajaran kooperatif yaitu: (1).Penyajian materi, (2). Belajar kelompok , (3) Permainan ( Games Tournament) dan (4) Penghargaan kelompok. Dengan menggunakan model kooperatif learning tipe TGT dalam pembelajaran Pkn terbukti epektif. Hasil penilaian penelitian adalah siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 69%, afektif 68%, dan psikomotor 68%. Oleh sebab iti penelitian dilanjutkan sisklus I pertemuan II yaitu kognitif 73%, Afektif 72%, dan psikomotor 74%, dan dengan dilanjutkan siklus dua dengan nilai kognitif 82%, nilai afektif 80,4% dan nilai psikomotor 80% Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Tipe TGT (Teams Games Tournament)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:13
Last Modified: 23 Jul 2025 04:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16586

Actions (login required)

View Item
View Item