Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Model Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 18 Koto Panjang Padang Panjang Timur

Yusni, Yusni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Model Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 18 Koto Panjang Padang Panjang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUSNI_58428_5614_2012.pdf] Text
final_B1_6_YUSNI_58428_5614_2012.pdf

Download (951kB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD No 18 Koto Panjang Padang Panjang masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba memperbaikinya dengan menggunakan pendekatan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan pendekatan Snowball Throwing . Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif yaitu mengamati fenomena yang terjadi di lapangan yang menghasilkan data deskriptif serta prilaku yang diamati dari guru dan siswa. Analisis kuantitatif adalah mengolah data hasil belajar IPS siswa dan lembar tindakan guru dan siswa secara statistik yang menghasilkan data berupa angkaangka. Dalam menganalisis data, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas VI. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: Hasil belajar IPS kelas V SD 18 Koto Panjang Padang Panjang Timur dapat meningkat dengan pendekatan Snowball Throwing. Hasil rata-rata penilaian dari ketiga aspek penilaian yaitu kognitif, psikomotor dan afektif adalah sebagai berikut: Siklus I pertemuan I adalah rata-rata 65,10, dan pertemuan II rata-ratanya naik menjadi 79,57. Pada siklus II hasil pembelajaran IPS adalah rata-rata 88. Jadi dengan menggunakan pendekatan snowball throwing hasil belajar IPS siswa dapat meningkat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Snowball Throwing, Pendekatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:13
Last Modified: 23 Jul 2025 04:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16583

Actions (login required)

View Item
View Item