Susanti, Maria (2012) Penggunaan Strategi Pikir Plus Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARIA_SUSANTI_50604_3891_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARIA_SUSANTI_50604_3891_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARIA_SUSANTI_50604_3891_2012.pdf
Download (538kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengalaman penulis dalam melaksanakan pembelajaran menulis puisi di kelas V SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung, terlihat siswa masih kesulitan membuat sebuah puisi bebas karya siswa sendiri. Kesulitan yang dihadapi siswa antara lain siswa sulit dalam berimajinasi dalam memilih kata-kata dan mengembangkan kata-kata tersebut menjadi lariklarik puisi. Selain itu, penulis juga kesulitan melaksanakan pembelajaran menulis puisi karena penulis belum menggunakan metode yang tepat. Penulis masih menggunakan metode yang konvensional dalam pembelajaran, yang menyebabkan siswa belum bisa mengimajinasikan pikiran secara luas dan citraan dalam puisipun tidak tampak, sehingga anak kurang terpancing untuk mengungkapkan dan mengimajinasikan kata-kata ke dalam bentuk puisi sederhana. Untuk itu, diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data penelitian berupa informasi tentang perencanaan, pelaksanaan dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan-catatan setiap tindakan perbaikan pada setiap siklus. Sumber data adalah proses kegiatan pembelajaran menulis puisi bebas menggunakan strategi pikir plus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 01 Balai ahad Lubuk Basung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan guru merancang RPP meningkat dari 79 pada siklus I menjadi 96 pada siklus II. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran menulis puisi bebas meningkat dari 74 pada siklus I menjadi 89 pada siklus II. Selanjutnya penilaian hasil belajar siswa juga meningkat dari 70 pada siklus I menjadi 81 pada siklus II. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pikir Plus dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas bagi siswa kelas V SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Puisi Bebas, Strategi Pikir Plus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16582 |