Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi

Sukma, Maria (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARIA_SUKMA_1200646_5483_2016.pdf] Text
final_B1_6_MARIA_SUKMA_1200646_5483_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi jarang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yang yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV SDN 07 Belakang Balok Bukittinggi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes siswa yang diperoleh dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I 82.10% (baik) dan siklus II 92.85% (sangat baik). b) Aktifitas guru siklus I 81.25% (baik) dan siklus II 95% (sangat baik). sedangkan aktifitas siswa siklus I 75% (baik) dan siklus II 92.50% (sangat baik). c) Hasil belajar siswa pada siklus I 78.35 dengan persentase ketuntasan 67% meningkat pada siklus II menjadi 91.00 dengan persentase ketuntasan 93%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:13
Last Modified: 25 Jul 2025 01:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16580

Actions (login required)

View Item
View Item