Yusmanidar, Yusmanidar (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Model Take and Give di Kelas II SDN 28 Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUSMANIDAR_50689_837_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUSMANIDAR_50689_837_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUSMANIDAR_50689_837_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah, penyebabnya guru hanya menugaskan siswa membaca buku teks dan menugasi siswa menjawab pertanyaan yang telah disediakan sehingga siswa secara tidak langsung masuk dalam kondisi pengajaran yang kurang menarik. Selain itu guru tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran membaca bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan model Take and Give di kelas II SD Negeri 28 Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan Penelitian ini meliputi: 1) Studi Pendahuluan, penyusunan perencanaan tindakan, dan 2) Kegiatan pelaksanaan penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai praktisi dan siswa kelas II yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Guru kelas V sebagai pengamat, yang disertai dengan pedoman pengamatan, media gambar dan hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata perolehan nilai hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus II. Pada tahap prabaca siklus I didapatkan rata-rata 69,33 pada siklus II meningkat menjadi 91,33.Pada tahap saat baca siklus I didapatkan rata-rata 76,67 pada siklus II meningkat menjadi 86,33. Pada tahap pascabaca siklus I didapatkan rat-rata 70,33 pada siklus II meningkat menjadi 93,33. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan model Take and Give dapat meningkatkan hasil membaca permulaan di kelas II SDN 28 Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Padang tercapai dengan baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Permulaan, Model Take and Give, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16574 |