Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have (QSH) pada Mata Pelajaran Teknik Las Dasar Siswa Kelas X 1M3 SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2013/2014

Jauhari, Fandry (2014) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have (QSH) pada Mata Pelajaran Teknik Las Dasar Siswa Kelas X 1M3 SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_Fandry_ Jauhari_97707_870_2014.pdf] Text
final_B1_07_Fandry_ Jauhari_97707_870_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have (QSH) pada mata pelajaran Teknik Las Dasar siswa kelas X 1M3 SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus dan melalui pemberian tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Dimana aktivitas positif siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 64,9% kategori tinggi dan aktivitas negatifnya sebesar 22,6% kategori rendah. Pada siklus II aktivitas positif siswa sebesar 73,9% kategori tinggi dan aktivitas negatifnya sebesar 14,5% kategori sangat rendah. Penelitian ini menunjukan peningkatan aktivitas positif 9% sedangkan untuk aktivitas negatifnya menurun sebesar 8,1%. Pada siklus III aktivitas positif siswa 85,6% kategori sangat tinggi dan aktivitas negatifnya sebesar 9,9% kategori sangat rendah. Aktivitas positif siswa meningkat sebesar 11,7% dibandingkan siklus II sedangkan aktivitas negatifnya menurun sebesar 4,6%. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini memberikan pengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar siswa. Pada siklus I, 16 orang siswa sudah mencapai ketuntasan dengan persentase 57,1%, siklus II berjumlah 21 orang dengan persentase 70% dan pada siklus III berjumlah 25 orang siswa dengan persentase 83,3%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, metode pembelajaran aktif, Questions Students Have, Teknik Las Dasar, SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:09
Last Modified: 23 Jul 2025 04:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item
View Item