Yusmanelly, Yusmanelly (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUSMANELLY_09624_4371_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUSMANELLY_09624_4371_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUSMANELLY_09624_4371_2012.pdf
Download (391kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V SD Negeri No. 14 Gurun Laweh. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan, kreatifitas dan partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa jarang bertanya, siswa cepat merasa jenuh dan tidak konsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan media audiovisual di kelas V SD Negeri No. 14 Gurun Laweh Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 14 Gurun Laweh Padang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 30 orang, lakilaki 14 orang dan perempuan 16 orang. Waktu penelitian pada semester I tahun ajaran 2011/2012 bertepatan dengan bulan Oktober sampai Desember 2011. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan 4 kali pertemuan. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes, Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian terhadap RPP siklus I pertemuan I adalah 71,42% berarti baik, siklus I pertemuan 2 adakag 89,28% berarti sangat baik, siklus II pertemuan 1 adalah 92,85% berarti sangat baik, siklus II pertemuan 2 adalah 100% berarti sangat baik. Hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor siklus I pertemuan 1 adalah 67,13, siklus I pertemuan 2 adalah 68, siklus II pertemuan 1 hasil belajar siswa meningkat menjadi 77 dan pada siklus II pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa adalah 81. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media di kelas V SD Negeri No. 14 Gurun Laweh Padang telah berhasil.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Media Audiovisual, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:08 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16568 |