Manurung, Maria Agustine (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Lingkungan pada Siswa Kelas II SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARIA_AGUSTINE_MANURUNG_17268_5832_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARIA_AGUSTINE_MANURUNG_17268_5832_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARIA_AGUSTINE_MANURUNG_17268_5832_2014.pdf
Download (681kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi yang kurang sistematis dan pemilihan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat. Guru memberi perintah kepada siswa untuk menuliskan deskripsi suatu objek dengan banyak paragraf tertentu tanpa melaksanakan kegiatan mengamati objek secara nyata. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas II dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing siklus I dan II dilaksanakan dua kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi . Hasil penelitian siklus I aspek guru 70,83% kualifikasi cukup meningkat menjadi 89,58% kualifikasi sangat baik pada siklus II dan aspek siswa siklus I 66,66% kualifikasi cukup meningkat menjadi 87,50% kualifikasi sangat baik pada siklus II. Hasil menulis deskripsi siswa siklus I rata-ratanya 73,37 kualifikasi cukup meningkat menjadi 86,29 kualifikasi sangat baik pada siklus II. Tahap prapenulisan siklus I 74,12 kualifikasi cukup menjadi 87,94 kualifikasi sangat baik pada siklus II. Tahap penulisan siklus I 73,21 kualifikasi cukup menjadi 87,50 kualifikasi sangat baik pada siklus II. Tahap pascapenulisan siklus I 72,59 kualifikasi cukup menjadi 82,99 kualifikasi sangat baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa menulis deskripsi dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Deskripsi, Pendekatan Lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16567 |