Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 10 Parit Batu Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.

MARHEVI, MARHEVI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 10 Parit Batu Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARHEVI_56837_2678_2013.pdf] Text
final_B1_6_MARHEVI_56837_2678_2013.pdf

Download (938kB)

Abstract

Penelitian berawal dari kenyataan di SDN 10 Parit Batu dimana siswa mengalami kesulitan di dalam pembelajaran PKn ,karena pembelajaran PKn selama ini guru mengajar masih menggunakan cara lama dimana guru dalam proses pembelajaran masih bersifat tekstual atau cendrung hafalan dan Guru juga kurang menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan.Untuk itu diadakanlah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data penelitian berupa informasi tentang proses yang diperoleh dari hasil pengamatan ,dan hasil tes proses pembelajaran. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran PKn di kelas IV SDN 10 Parit Batu Kec.Tigo Nagari Kab.Pasaman, yang jumlah siswanya 22 orang ,terdiri dari 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.Prosedur penelitian dilakukan 1) perencanaan ,2) pelaksanaan ,3) pengamatan ,4) refleksi. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil siklus I pertemuan 1 pada RPP 72 % ,pelaksanaan dari aspek guru 73 % ,aspek siswa 70 % ,hasil belajar kognitif 62 % ,afektif 66 % ,Psikomotor 69%. Pada siklus I Pertemuan 2 pada RPP 84% ,pelaksanaan aspek guru 83% ,aspek siswa 80 % ,hasil belajar kognitif 69 % ,afektif 74 % ,psikomotor 74%.Pada siklus II pada RPP nilainya 88% ,pelaksanaan dari aspek guru 90 % ,aspek siswa 87 % ,hasil belajar kognitif 79 % ,afektif 81 % dan psikomotor 78 %. Kesimpulan yang didapat dari penelitian bahwa dengan menggunakan pendekatan kooperatif model think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:06
Last Modified: 25 Jul 2025 01:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16559

Actions (login required)

View Item
View Item