Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama Dengan Menggunakan Pendekatan CTL di Kelas IV SD Negeri 17 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Ramnis, Ramnis (2013) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama Dengan Menggunakan Pendekatan CTL di Kelas IV SD Negeri 17 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAMNIS_58368_916_2013.pdf] Text
final_B1_6_RAMNIS_58368_916_2013.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini berasal dari kenyataan di lapangan yaitu di SDN 17 Sungai Aur bahwa guru tidak pernah menggunakan pendekatan CTL, sehingga pembelajaran membosankan dan siswa sulit memahami materi pelajaran pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan hasil belajar siswa menurun. Melihat fenomena di atas peneliti tertarik menerapkan Pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pengurangan pecahan berpenyebut sama di kelas IV SD. Tujuan penelitian mendeskripsikan pelaksanaan, perencanaan, peningkatan hasil belajar pengurangan pecahan bernyebut sama dengan menggunakan pendekatan CTL di Kelas IV SD Negeri 17 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refeleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 17 Sungai Aur. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siklus I pertemuan I pada perencanaan 57,14% kriteria kurang, pelaksanaan dari aspek guru 58,33 kriteria kurang, dan aspek siswa 55,55% kriteria kurang, dan hasil siswa pada aspek kognitif 71,52 kriteria baik, aspek afektif 61 kriteria cukup, aspek psikomotor 60 kriteria cukup. Maka dilanjutkan pada siklus I pertemuan II, perencanaan 71,42% kriteria baik, pelaksanaan aspek guru 75% kriteria baik, aspek siswa 72,22% kriteria baik, dan hasil siswa aspek kognitif 76,52 kriteria baik, aspek afektif 71,41 kriteria baik, aspek psikomotor 73,82 kriteria baik, maka dilanjutkan pada siklus II, perencanaan 96,42% kriteria sangat baik, pelaksanaan aspek guru 91,66% kriteria sangat baik, aspek siswa 88,88% kriteria sangat baik, dan hasil siswa adalah aspek kognitif 84,56 kriteria sangat baik, aspek afektif 86,60 kriteria sangat baik, aspek psikomotor 86,34 kriteria sangat baik. Telah terjadi peningkatan dari siklus I pertemuan I dan II ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran pengurangan pecahan berpenyebut sama melalui pendekatan CTL hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Pengurangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:53
Last Modified: 25 Jul 2025 01:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item
View Item