Syukrinto, Syukrinto (2018) Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_SYUKRIANTO_3355_14086427_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Masalah dalam adalah kurangnya motivasi peserta didik dalam 
pembelajaran penjas orkes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 
bagaimana Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Penjas Orkes Di SMP 
Negeri 3 Padang, yang dapat dilihat pada motivasi intrinsik dan ekstrinsiknya. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian 
ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Padang. Teknik pengambilan sampel 
diambil secara purposive random sampling, dimana sampel diambil sebesar 25% 
dari setiap strata atau kelas VII yaitu 25% dari 159 siswa sehingga diperoleh 
sampel sebanyak 39 orang. Teknik pengambilan data dengan observasi dan 
menyebarkan angket kepada siswa yang telah dipilih menjadi sampel disusun 
menggunakan skala liker. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan 
statistik deskriptif dengan tabulasi frekuensi. 
Hasil analisis menunjukkan bahwa pada motivasi intrinsik,dengan tingkat 
capai sebesar 81,37% dikategorikan baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada 
motivasi ektrinsik dengan tingkat capai sebesar 76.78% dikategorikan cukup. 
Sedangkan hasil analisis pada motivasi intrinsik dan ekstrinsik, dengan tingkat 
capai sebesar 78,82% dikategorikan cukup.  Jadi kesimpulannya motivasi 
intrinsik dan ekstrinsik yang dimiliki peserta didik berada dalam kategori cukup. 
Untuk memperoleh tingkat capai dikategorikan amat baik perlu ditingkatkan lagi 
motivasi tersebut, baik yang berasal dari dalam diri peserta didik (intrinsik)  
maupun yang berasal dari luar  diri peserta didik (ekstrinsik).
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | S Sport | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:53 | 
| Last Modified: | 23 Jul 2025 03:53 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16552 | 
         