Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Permainan Kartu Bagi Siswa Kelas I SD Fransiskus Bukittinggi.

Kusumaningsih, Margaretha Nusana (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Permainan Kartu Bagi Siswa Kelas I SD Fransiskus Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARGARETHA_NUSANA_KUSUMANINGSIH_ 50614_1746_2013.pdf] Text
final_B1_6_MARGARETHA_NUSANA_KUSUMANINGSIH_ 50614_1746_2013.pdf

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Fransiskus Bukittinggi kelas I, bahwa siswa masih kesulitan dalam membaca permulaan, belum termotivasi dalam membaca, sedangkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat, akibatnya pembelajaran kurang menyenangkan bagi siswa, hal ini terbukti dengan keterampilan membaca yang kurang memuaskan. Melihat hal tersebut maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan permainan kartu bagi siswa kelas I SD Fransiskus Bukittinggi. Dengan permainan kartu diharapkan siswa sesegera mungkin bisa membaca, sehingga akan memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran lain, yang akhirnya akan membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap pertemuan dilaksankan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap akhir pertemuan diadakan tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Selama pelaksanaan, yang menjadi observer adalah guru kelas II dengan berpedoman pada lembar pengamatan.Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Fransiskus Bukittinggi yang berjumlah 26 orang siswa. Pembelajaran dengan permainan kartu terbukti dapat meningkatkan keterampilan dan keberanian siswa dalam membaca. Pelaksanaan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II sudah menampakkan hasil yang baik. Siklus I pada tahap saatbaca hasil rata-rata 59 dan hasil rata-rata pascabaca 64 . Penelitian masih dilanjutkan ke siklus II dan nilai rata- rata siswa tahap saatbaca 86 dan rata-rata hasil pascabaca 88 maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan permainan kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Fransiskus Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Kartu, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:53
Last Modified: 23 Jul 2025 03:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

View Item
View Item