Pengaruh Leaflet Fisika Berorientasi Strategi Pembelajaran Kontekstual terhadap Kompetensi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Padang

Saputra, Saint (2016) Pengaruh Leaflet Fisika Berorientasi Strategi Pembelajaran Kontekstual terhadap Kompetensi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SAINT_SAPUTRA_1205681_5131_2016.pdf] Text
B1_05_SAINT_SAPUTRA_1205681_5131_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fisika merupakan mata pelajaran yang penting dalam pembelajaran di sekolah. Fisika juga bisa menumbuhkan kemampuan berpikir peserta didik yang berguna untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan dasar ini, seharusnya peserta didik menguasai fisika dengan baik. Kenyataan menunjukkan hasil belajar peserta didik rendah. Salah satu solusi dari masalah adalah bahan ajar yang menarik dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga tujuan dari penelitian adalah menyelidiki pengaruh leaflet Fisika berorientasi strategi pembelajaran kontekstual terhadap kompetensi siswa kelas X SMAN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan berupa kelompok kontrol acak. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 4 Padang yang terdaftar pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling bertujuan. Data penelitian merupakan pencapaian kompetensi Fisika peserta didik. Kompetensi peserta didik meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi sikap diukur menggunakan lembar observasi, kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dan kompetensi keterampilan diukur menggunakan rubrik penilaian unjuk kerja. Data yang diperoleh dikonversi dari skor ke nilai kemudian dilakukan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat dikemukakan hasil penelitian ini. Sebagai hasil penelitian adalah penerapan Leaflet berorientasi strategi pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh berarti terhadap kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada taraf kepercayaan 95 %. Karena itu Leaflet fisika berorientasi strategi pembelajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: eaflet fisika; pembelajaran kontekstual; kompetensi siswa;
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:52
Last Modified: 25 Jul 2025 01:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16544

Actions (login required)

View Item
View Item