Hubungan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mengenai Proses Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Kependidikan dengan Minat Menjadi Guru

Syafitri, Syarah Rahma (2021) Hubungan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mengenai Proses Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Kependidikan dengan Minat Menjadi Guru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SYARAH_RAHMA_SYAFITRI_16075149_3397_2021.pdf] Text
B1_01_SYARAH_RAHMA_SYAFITRI_16075149_3397_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal terhadap persepsi mahasiswa
mengenai proses pelaksanaan pengalaman lapangan kependidikan yang dialami
mahasiswa masih kurang, hal ini disebabkan oleh adanya beberapa masalah yang
didapatkan saat proses pelaksanaan PLK, yaitu: (1) mahasiswa mengalami
kesulitan berkomunikasi degan guru pamong, (2) pekerjaan yang dikerjakan
melebihi kapasitas, dan (3) kesulitan menghadapi peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan persepsi mahasiswa mengenai proses pelaksanaan
PLK, minat menjadi guru mahasiswa, dan hubungan persepsi mahasiswa
pendidikan kesejahteraan keluarga mengenai proses pengalaman lapangan
kependidikan dengan minat menjadi guru.
Jenis penelitian ini adalah Korelasi dengan pendekatan Ex-Post Facto. Populasi
pada penelitian ini yaitu, seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan
Kesejahteraan Keluarga KeahlianPendidikan Tata Busana Angkatan 2016, yang
telah lulus dari pelaksanaan Pengalaman Lapangan Kependidikan. Sampel
penelitian sebanyak 60 orang yang di ambil secara teknik sampling. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu (1) Analisis Deskriptif, (2) Uji Persyaratan Analisis,
yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan (3) Uji Hipotesis.
Penelitian ini mengungkapkan Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Kesejahteraan Keluarga Mengenai Proses Pelaksanaan PLK berada pada kategori
baik yaitu sebesar 90,15 % tingkat ketercapaiannya. Minat Menjadi Guru
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga termasuk kedalam
kategori sangat baik yaitu sebesar 88,68 % tingkat ketercapaiannya. Terdapatnya
hubungan yang positif dan signifikan, berdasarkan interprestasi nilai r yang berada
pada kategori hubungan cukup yang dibuktikan dengan nilai Person Correlation
0,467 pada Hubungan antara perpesi mahasiswa Prodi Pendidikan Kesejahteraan
Keluarga mengenai proses pelaksanaan PLK dengan minat menjadi guru

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:55
Last Modified: 23 Jul 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16537

Actions (login required)

View Item
View Item