Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 02 Maringging

Ramaiyetti, Ramaiyetti (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 02 Maringging. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAMAIYETTI_09777_144_2012.pdf] Text
final_B1_6_RAMAIYETTI_09777_144_2012.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN 02 Maringging. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus pertemuan dan meliputi tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, pencatatan lapangan, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Maringging. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN 02 Maringging. Hasil belajar siswa dari aspek kognitif pada siklus I sebesar 66% (kurang) meningkat menjadi 92% (sangat baik) pada siklus II. Sementara penilaian aspek afektif siswa meningkat dari siklus I sebesar 52% (kurang) menjadi 96% (sangat baik) pada siklus II. Penilaian aspek psikomotor siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 66% (kurang) meningkat menjadi 92% (sangat baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 02 Maringging.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:55
Last Modified: 23 Jul 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16535

Actions (login required)

View Item
View Item