Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Mengunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 04 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang

Marcelina, Tia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Mengunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 04 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TIA_MARCELINA_83263_1229_2012.pdf] Text
final_B1_6_TIA_MARCELINA_83263_1229_2012.pdf

Download (193kB)

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 04 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang masih terfokus pada guru. Guru mendominasi dalam pembelajaran dan siswa sebagai pendengar yang disampaikan guru. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mencoba menerapkan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 04 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan CTL di Kelas IV SDN 04 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 04 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang yang berjumlah 20 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 7 komponen CTL, yaitu: konstrukstivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata.
Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL pada Siklus I penilaian RPP pertemuan 1 adalah 82.14%, pertemuan kedua 85.71%. Aspek guru pertemuan 1 memperoleh nilai 66.7%, pertemuan kedua meningkat menjadi 80,6%. Aspek siswa pertemuan 1 memperoleh nilai 63.9%, pertemuan kedua 80.6%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 68,04. Pada Siklus II penilaian RPP 92%, aspek guru memperoleh nilai 91.7%, dan aspek siswa 88.9%. Hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 84.73. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPA, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Kelas IV SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:59
Last Modified: 23 Jul 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item
View Item