Yulis, Ramai (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas II SDN 32 VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAMAI_YULIS_1209573_1805_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAMAI_YULIS_1209573_1805_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAMAI_YULIS_1209573_1805_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD bahwa pada proses pembelajaran guru sering mengajar dengan metode ceramah sehingga siswa menjadi kurang aktif, kurang berani untuk bertanya, kurang diberikan kesempatan untuk mencobakan pembelajaran, siswa kurang mengalami sendiri pelajaran yang sudah diberikan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantutatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN 32 VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar pengamatan dan lembar tes Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan pendekatan saintifik bahwa hasil pengamatan RPP siklus I rata-rata 79%, meningkat pada siklus II menjadi 95%. Aspek guru pada siklus I rata-rata 77%, meningkat pada siklus II menjadi 93% .Sedangkan aspek siswa pada siklus I rata-rata 77%, siklus II meningkat menjadi 93%. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan 41%. Setelah diadakan tindakan pada siklus I menjadi 74% dan memperlihatkan hasil yang lebih baik pada siklus II yaitu 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik di kelas II SDN 32 VII Koto Sungai Sariak Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran,Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:54 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16530 |