Diastuti, Rama (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui pendekatan Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) di Kelas IV SDN 18 Tanjung Paku kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAMADIASTUTI_83245_2312_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAMADIASTUTI_83245_2312_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAMADIASTUTI_83245_2312_2012.pdf
Download (802kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV SDN 18 Tanjung Paku kota Solok. Di kelas ini terdapat beberapa orang siswa yang mendapatkan nilai rendah pada latihan dan ujian tengah semester PKn. Dari 26 orang siswa, hanya 10 orang yang mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan karena metode yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariasi sehingga siswa kurang mandiri dan cenderung pasif dalam pembelajaran. Maka untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut akan digunakan pendekatan kooperatif tipe STAD sebagai salah satu pendekatan yang cocok diterapkan pada kelas IV SDN 18 Tanjung Paku ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun data yang diambil pada penelitian ini berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran. Maka banyak data yang diambil bersumber dari: (1) data perencanaan yaitu data kondisi awal yang meliputi proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IV, (2) data pelaksanaan pembelajaran yang meliputi proses pembelajaran yaitu pengamatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan (3) data hasil pembelajaran yang diambil dari hasil tes evaluasi siswa dan nilai sikap siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kooperatif tipe STAD dimana Tipe STAD lebih mementingkan sikap dari pada teknik dan prinsip, yakni sikap partisipasi dalam rangka mengembangkan potensi kognitif dan afektif. Maka dengan diterapkannya pendekatan kooperatif tipe STAD akan membantu siswa untuk memahami konsep dan materi pelajaran serta dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif dan inovatif. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kooperatif tipe STAD telah berhasil meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 18 Tanjung Paku kota Solok. Sebelum menggunakan STAD Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai angka rata-rata 64. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 83 maka hasil belajar siswa dengan menggunakan tipe STAD meningkat daripada sebelum menggunakan STAD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,PKN |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:48 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16523 |