Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Strategi Peta Konsep bagi Siswa Kelas V SD Negeri 13 Silungkang Oso Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto

Mardiawati, M (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Strategi Peta Konsep bagi Siswa Kelas V SD Negeri 13 Silungkang Oso Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARDIAWATI_M_09869_4902_2012.pdf] Text
final_B1_6_MARDIAWATI_M_09869_4902_2012.pdf

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 13 Silungkang Oso. Kenyataan tersebut disebabkan oleh a) kurangnya pembiasaan terhadap tradisi menulis, (b) siswa membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk kata-kata tentang gambaran suatu objek, (c) porsi waktu yang disediakan sangat terbatas, (d) siswa belum mampu dalam mengungkapkan ide atau gagasan dengan baik, (e) siswa belum terbiasa untuk memanfaatkan media tulis sebagai ruang untuk mengungkapkan ide dan gagasan mereka, (f) siswa kurang biasa mengembangkan bahasa, dan (g) pemanfaatan potensi kurang. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis deskripsi melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi peta konsep. Peta konsep merupakan petunjuk untuk menunjukkan hubungan antara ide-ide yang penting dengan rencana pembelajaran. Strategi ini dapat mengembangkan satu keterbukaan terhadap ide-ide baru tentang suatu topik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan strategi peta konsep bagi siswa kelas V SD. Kegiatan difokuskan pada setiap tahap yaitu tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan. Peningkatan tersebut terlihat dalam hasil belajar siswa yang semakin meningkat pada setiap siklus penelitian. Ketuntasan hasil belajar siklus I 73,5% dengan ketuntasan tahap prapenulisan 82,7 % , tahap penulisan 68,5 %, dan tahap pascapenulisan 69,2 % dengan. Ketuntasan hasil belajar siklus II 85,4% dengan ketuntasan tahap prapenulisan 90,4 % , tahap penulisan 75,4 % dan tahap pascapenulisan 90,4 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi peta konsep dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Deskripsi, Strategi Peta Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:45
Last Modified: 23 Jul 2025 02:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16522

Actions (login required)

View Item
View Item