Yurnalis, Yurnalis (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Model Direct Writing Activities di Kelas IV SDN 27 Anak Air Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YURNALIS_50773_838_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_YURNALIS_50773_838_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YURNALIS_50773_838_2014.pdf
Download (290kB)
Abstract
Permasalahan yang diteliti adalah mendeskripsikan rendahnya keterampilan menulis siwa dengan menggunakan model Direct Writing Activities di kelas IV SDN 27 Anak Air Kecamatan Koto Tangah Padang.Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh bahwa, penyebabnya guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa secara tidak langsung masuk dalam kondisi pengajaran yang verbalistik. Selain itu guru tidak menggunakan model yang tepat dalam pembelajaran. Pembelajaran menulis bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan model Direct Writing Activities. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas. Perancangan penelitian disusun meliputi: 1) tempat penelitian 2) subjek penelitian, 3) waktu / lama penelitian 4) siklus dan alur penelitian 5) perencanaan 6) pelaksanaan 7) pengamatan dan 8) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 27 Anak Air Kecamatan Koto Tangah Padang yang berjumlah 25 orang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata perolehan nilai hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus II. Pada tahap prapenulisan siklus I didapatkan hasil siswa dengan rata-rata 99 pada siklus II meningkat menjadi 99,67. Pada tahap penulisan siklus I didapatkan rata-rata 68,67 pada siklus II meningkat menjadi 80,33. Pada tahap pascapenulisan siklus I didapatkan rat-rata 67,67 pada siklus II meningkat menjadi 87,67. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan model Direct Writing Activities dapat meningkatkan hasil menulis karangan di kelas IV SDN 27 Anak Air Kecamatan Koto Tangah Padang tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Direct Writing Activities, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16517 |