Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Problem Solving di Kelas V SD Negeri 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Yumanigus, Yumanigus (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Problem Solving di Kelas V SD Negeri 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YURMANIGUS_09450_4457_2012.pdf] Text
final_B1_6_YURMANIGUS_09450_4457_2012.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa siswa dalam proses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Dari segi proses pembelajaran, guru dalam pembelajaran PKn pada umumnya hanya menggunakan pendekatan konvensional. Sehingga anak beranggapan bahwa pelajaran PKn hanya pelajaran hafalan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Problem Solving. Sehingga diantara berbagai model pembelajaran yang ada peneliti tertarik untuk menerapkan pendekatan Problem Solving. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 13 Batu Gadang yang berjumlah 27 orang. Perencanaan dalam pembelajaran dengan pendekatan problem solving meliputi RPP, aspek siswa, dan guru. Selama proses pengamatan terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan menggunakan pendekatan Problem Solving melalui dua siklus (siklus I dan II) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di SD Negeri 13 Batu Gadang Kec. Lubuk Kilangan. Rata-rata kelas hasil belajar sebelum menggunakan pendekatan Problem Solving adalah 63.7 dan pada siklus I menjadi 67,8, kemudian meningkat menjadi 75.1 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Pendekatan Kontekstual, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:39
Last Modified: 23 Jul 2025 02:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16511

Actions (login required)

View Item
View Item