Ramadayanti, Ramadayanti (2012) eningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SDN 13 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAMADAYANTI_95469_4099_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAMADAYANTI_95469_4099_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAMADAYANTI_95469_4099_2012.pdf
Download (405kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa guru kurang menerapkan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran menulis puisi. Selain itu, guru juga kurang menerapkan tahap-tahapan menulis dalam pembelajaran menulis puisi sehingga kemampuan siswa dalam menulis puisi masih rendah. Untuk memperbaiki kemampuan siswa dalam menulis puisi tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian adalah proses pembelajaran kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD bagi siswa kelas III SD. Subjek penelitian terdiri dari peneliti, siswa, dan observer. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 13 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi yang berjumlah 16 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Persentase nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi siklus I tahap prapenulisan adalah 73.4 % sedangkan pada siklus II adalah 80.4 %. Persentase nilai rata-rata kemampuan siswa menulis puisi siklus I tahap penulisan 74.4 % sedangkan pada siklus II adalah 78.6 % dan persentase nilai rata-rata kemampuan siswa menulis puisi siklus I tahap pascapenulisan adalah 73.8% sedangkan pada siklus II adalah 80.8%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas III SDN 13 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi, penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kooperatif tipe STAD berupa kegiatan belajar kelompok yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan temannya dalam pembelajaran. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang telah memuaskan dan mencapai KKM sekolah yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Siswa,Menulis,Puisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16498 |