Rosdianti, Roza Naulia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas VI SD Negeri 02 V Koto Kampung dalam Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ROZA_NAULIA_ROSDIANTI_07625_3463_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ROZA_NAULIA_ROSDIANTI_07625_3463_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ROZA_NAULIA_ROSDIANTI_07625_3463_2013.pdf
Download (731kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil refleksi awal penulis mengajar di kelas VI SD N.02 V Koto Kampaung Dalam bahwa pembelajaran IPS yang dilaksanakan guru sering menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teaching centered), sehingga siswa kurang terampil dalam memecahkan masalah dalam belajar IPS dan hasil pembelajaran IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan penelitian tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang menjadikan siswa aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa, dengan jumlah siswa 21 orang. Guru sebagai praktisi sekaligus peneliti dan 2 orang pengamat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II juga 2 kali pertemuan. Semuanya dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, sedangkan sumber data adalah hasil observasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari evaluasi tindakan siklus I ke siklus II. Dari hasil penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I diperoleh dengan persentase 74%, kemudian meningkat menjadi 93% pada siklus II. Hasil pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru pada siklus I diperoleh dengan persentase 72%, kemudian meningkat menjadi 89% pada siklus II. Hasil pelaksanaan pembelajaran pada aspek siswa siklus I diperoleh dengan persentase 71% kemudian meningkat menjadi 89% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68 kemudian meningkat menjadi 86 pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16495 |