Gusmawati, Mardiah (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Role Playing di Kelas V SD Negeri 11 Koto Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARDIAH_GUSMAWATI_1200619_4964_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARDIAH_GUSMAWATI_1200619_4964_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARDIAH_GUSMAWATI_1200619_4964_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPSyang berpusat pada guru. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa dalam berperan terhadap berbagai hal dalam proses pembelajaran yangmenyebabkansiswa kurang mampu untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya untuk menghadapi masalah dalam proses pembelajaran.Sehingga terhadap permasalahan ini dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Role Playing.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Role Playing di kelas V SD Negeri 11 Koto Gadang Kecamatan Baso . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Prosedur penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.Data penelitian berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatanaspek guru, siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I pertemuan I adalah 71,4 % dengan kualifikasi cukup, pertemuan II 82,1% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II 92,8% dengan kualifikasi sangat baik b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I pertemuan 1 adalah 72,5% dengan kualifikasi cukup, pertemuan II 85,0% dengan kualifikasi baik, meningkat pda siklus II 92,5% dengan kualifikasi sangat baik c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I pertemuan I adalah 62,5% dengan kualifikasi cukup , pertemuan II77,5% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II 87,5% dengan kualifikasi sangat baik d) hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 69,4 dengan kualifikasi cukup, siklus I pertemuan II 78,1 dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II 89,2 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 11 Koto Gadang Kecamatan Baso.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar, Metode Role Playing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:33 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16493 |