Azimar, Rusda (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RUSDA_AZIMAR_1302392_1453_2018.pdf [thumbnail of B1_05_RUSDA_AZIMAR_1302392_1453_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RUSDA_AZIMAR_1302392_1453_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan SMKN 2 Solok yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Quantum Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa Teknik Audio Video di SMKN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre experimental dengan desain intact group comparison. Sampel penelitian yaitu kelas X TAV 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan kelas X TAV 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Teknik pengumpulan data dari hasil tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,41, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 75,9. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 3,7 > 1,6753, karena thitung besar dari ttabel,maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quantum Learning dengan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Teknik Audio Video di SMKN 2 Solok. Maka model pembelajaran Quantum Learning lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran Kooperatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Quantum Learning, kooperatif, pre experimental, intact group comparison, Hasil Belajar, Ekperimen, Kontrol. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16489 |