Sunarti, Ramadani Elvi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dangan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 01 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAMADANI_ELVI_SUNARTI_07387_3983_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAMADANI_ELVI_SUNARTI_07387_3983_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAMADANI_ELVI_SUNARTI_07387_3983_2013.pdf
Download (230kB)
Abstract
Pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda pada siswa kelas IV SDN 01 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman masih bersifat konvensional. Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda melalui pendekatan Konstruktivisme, yang mampu mengatasi persoalannya. Pendekatan Konstruktivisme ini mempunyai empat langkah pembelajaran yaitu: (1) Apersepsi (2) Eksplorasi, (3) Diskusi dan Penjelasan Konsep, (4) Pengembangan dan Aplikasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tidakan kelas ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, karena data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda melalui pendekatan Konstruktivisme di kelas IV SDN 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, dengan subjek penelitiannya 20 orang siswa. Prosedur penelitian melalui 4 tahap yaitu: 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian sebanyak dua siklus dapat diuraikan sebagai berikut: Pada siklus I perencanaan 77,5 %, aspek guru 80 %, aspek siswa 72,5%, kognitif 73,7 %, afektif 78,9 % dan psikomotor 78,4 %, meningkat di siklus II perencanaan menjadi 95 %, aspek guru 95 %, aspek siswa 90 %, kognitif 91,5 %, afektif 86,15 %, dan psikomotor 88,30%. Kesimpulannya adalah pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda baik secara individu maupun klasikal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16483 |