Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PendidikanKewarganegaraan (PKn) melaluiModel kooperatif tipe Student team Achievement division (STAD) di Kelas IV SDN01Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal

Junidar, Roza (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PendidikanKewarganegaraan (PKn) melaluiModel kooperatif tipe Student team Achievement division (STAD) di Kelas IV SDN01Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ROZA_JUNIDAR_57059_668_2016.pdf] Text
final_B1_6_ROZA_JUNIDAR_57059_668_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang masih berpusat kepada guru yang membuat siswa bosan, siswa tidak ada diajak untuk berdiskusi sehingga siswa tidak aktif dan tidak bisa mengeluarkan pendapat mereka saat pembelajaran, siswa tidak diberi penghargaan ketika mereka berhasil sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar . Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah penulis sebagai peneliti dan siswa yang berjumlah 27 orang.Data penelitian ini tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes Prosedur penelitian Tindakan Kelas yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada perencanaan siklus I 71% (B) meningkat menjadi 92%(SB) pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I dengan 68%(C) meningkat menjadi 90%(SB) pada siklus II. Kegiatan siswa pada siklus I 63%(C) meningkat menjadi 85%(SB) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 65(C),pada siklus I pertemuan II menjadi 69 (C), dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85(B). Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe STADdapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:35
Last Modified: 23 Jul 2025 02:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16482

Actions (login required)

View Item
View Item