Mardayeni, Mardayeni (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Pendekatan Lingkungan Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Sago Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARDAYENI_95261_1896_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARDAYENI_95261_1896_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARDAYENI_95261_1896_2016.pdf
Download (591kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis deskripsi siswa pada pembelajaran keterampilan menulis deskripsi di kelas IV SD N 30 Sago Kecamatan Lubuk Basung. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran menulis kurang tepatnya metode yang digunakan guru dan kemampuan menulis deskripsi siswa masih belum sesuai dengan KKM yang diharapkan. Untuk mengatasinya digunakan pendekatan lingkungan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi bagi siswa kelas IV SD Negeri 30 Sago Kecamatan Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daur ulang atau siklus yang dimulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SD Negeri 30 Sago Kecamatan Lubuk Basung yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis deskripsi. Hasil pengamatan aktivitas guru pada tahap pramenulis siklus I 80, siklus II 95, tahap penulisan siklus I 75, siklus II 100, tahap pascapenulisan 68,75, siklus II 87,5. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap pramenulis siklus I 65, siklus II 85, tahap penulisan siklus I 50, siklus II 75, dan tahap pascapenulisan 68,75, siklus II 93,75. Jika dilihat dari hasil yang diperoleh dari masing-masing siklus maka siklus I nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi siswa pada tahap prapenulisan siklus I 64,32, siklus II 86,8 tahap penulisan siklus I 64,75,siklus II 80, dan pada tahap pascapenulisan siklus I 64,75,siklus II 80. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran keterampilan menulis deskripsi dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 30 Sago Kecamatan Lubuk Basung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Deskripsi, Pendekatan Lingkungan, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16478 |