Ramadeni, Thertin (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Pendekatan Konstruktivis bagi Siswa Kelas V SDN 15 Kumanih Ateh Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_THERTIN_RAMADENI_93705_4181_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_THERTIN_RAMADENI_93705_4181_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_THERTIN_RAMADENI_93705_4181_2012.pdf
Download (526kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil kenyataan yang penulis amati di SDN 15 Kumanih Ateh ditemui permasalahan bahwa proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V kebanyakan masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa secara pasif. Guru kurang mengaitkan pengalaman siswa dengan pembelajaran yang sedang dipelajarinya, kemudian guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa utuk mengungkapkan gagasan dengan bahasa sendiri sehingga pembelajaran menjadi tidak kondusif. Ditambah belum pernah menggunakan pendekatan konstruktivis. Permasalahan pembelajaran tersebut berdampak pada minat dan motivasi siswa untuk belajar menjadi berkurang, dan pembelajaran menjadi tidak bermakna bagi siswa. Akibatnya tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis PTK, Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data ini didapat melalui observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah pembelajaran pendekatan konstruktivis. Tujuan penelitian ini agar keterampilan menulis puisi siswa meningkat.
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap keterampilan menulis puisi siswa, dengan menggunakan pendekatan Konstruktivis, hal ini dapat dilihat dari hasil puisi yang ditulis siswa. Siswa sudah sangat baik mengimajinasikan suatu objek kedalam bentuk puisi, kata-kata, baris, dan baitbait puisi sudah sangat menggambarkan objek yang dipilih. Selanjutnya dilihat dari aktivitas guru siklus I tahap prapenulisan 75%, tahap penulisan 75%, dan tahap pascapenulisan 62,5%. Siklus II tahap prapenulisan 88,6%, tahap penulisan 87,5%, dan tahap pascapenulisan 81,25%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tahap prapenulisan 63,6%, tahap penulisan 56,25%, dan tahap pascapenulisan 56,25%. Siklus II pada tahap prapenulisan 86,3%, tahap penulisan 87,5%, dan tahap pascapenulisan 87,5%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I tahap prapenulisan 70, tahap penulisan 70,4, dan tahap pascapenulisan 72,05 terjadi peningkatan pada siklus II yaitu pada tahap prapenulisan 80, tahap penulisan 83, dan tahap pascapenulisan 84,5.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Puisi, Pendekatan Konstruktivis, Kelas V SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:32 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16477 |