Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pengelasan di SMK Dhuafa Padang

Rozi, Fahrur (2017) Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pengelasan di SMK Dhuafa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_FAHRUR_ROZI_1306272_5160_2017.pdf] Text
final_B1_07_FAHRUR_ROZI_1306272_5160_2017.pdf

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Dhuafa Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 38 siswa yang sekaligus dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan korelasi dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran video dengan hasil belajar, dengan rhitung = 0,558 > rtabel = 0,396. Besarnya kontribusi adalah 34,57%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Media pembelajaran video terbukti efektif meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pengelasan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video, Hasil Belaja,r Pengelasan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:27
Last Modified: 23 Jul 2025 02:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item
View Item