Mardalena, Mardalena (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARDALENA_95445_1450_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARDALENA_95445_1450_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARDALENA_95445_1450_2013.pdf
Download (650kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode klasikal maksudnya mengajar masih dengan cara berceramah, dan media kurang difungsikan bahkan tidak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pkn kooperatif dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (stad) di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Batang Barus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari 1) kegiatan awal, 2) kegiatan inti, 3) kegiatan akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD yang berjumlah 30 orang yang terdiri 16 orang lakilaki dan 14 orang perempuan. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi. Hasil penelitian Siklus I pada tahap STAD yaitu penyajian materi pelajaran, pembentukan kelompok, diskusi kelompok, persentasi kelompok, memberikan kuis/ tes individual, penghargaan kelompok, meningkatkan hasil belajar siswa siklus I pada pertemuan I dan II didapat hasil belajar siswa 64,7 dengan kualifikasi cukup. untuk itu dilakukan refleksi Sedangkan pada siklus II dengan siklus II dengan dua kali, kegiatan belajar lebih ditingkatkan peneliti melanjutkan dan memberikan semangat dan reward kepada siswa sehingga mereka bersemangat dalam belajar dan mengacak kembali kelompok yang telah ditentukan pertemuan sehingga didapat hasil belajarnya 72,2. Didapat bahwa nilai siswa meningkat 75 %. Terlihat bahwa ada peninggkatan pada pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 07 Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:26 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16459 |