Marcellyna, Marcellyna (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD KARTIKA 1-12 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MARCELLYNA_1200605_4961_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MARCELLYNA_1200605_4961_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MARCELLYNA_1200605_4961_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa guru kurang mengorientasi siswa kepada masalah, guru kurang memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah, guru kurang mengorganisasikan siswa untuk belajar, guru kurang mendorong siswa dalam mengumpulkan informasi untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, guru kurang membimbing siswa dalam membuat laporan hasil pemecahan masalah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, siklus I dua pertemuan dan siklus II satu pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa laki – laki dan 14 orang siswi perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian dilihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I yaitu 80,35% dengan kualifikasi baik, dan pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I yaitu 80,35% dengan kualifikasi baik , dan pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 2,7 dan pada siklus II 3,4. Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:26 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16453 |