Rahmulyati, Rahmulyati, (2012) Peningkatan Proses Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan PAIKEM Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Koto Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAHMULYATI_09833_1319_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAHMULYATI_09833_1319_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAHMULYATI_09833_1319_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 09 Koto Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan dalam pembelajaran IPA, yang mana penyampaiannya berupa teori sehingga konsep materinya masih kurang dipahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan penggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal pembelajaran IPA dapat dilaksanakan dengan menyenangkan, karena tanpa disadari siswa pembelajaran IPA sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA melalui pendekatan PAIKEM .Untuk itu melalui penelitian tindakan kelas peneliti ingin meningkatkan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan PAIKEM siswa kelas IV SD Negeri 09 Koto Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan, refleksi.Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek penelitian adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang.Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data dari siklus I adalah penilaian proses afektif (69) psikomotor (72) kognitif (70)pada siklus II penilaian proses afektif (84) psikomotor (87) dan kognitif (93) jadi nilai ketuntasan belajar IPA dengan mengunakan pendekatan PAIKEM pada siklus I dan II mengalami peningkatan Selain itu, siswa telah terlatih untuk bekerjasama di dalam kelompok belajar dan kemudian mengkomunikasikannya kepada teman yang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 09 Koto Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran ,IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16451 |