peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan berpenyebut berbeda dengan model cooperative Tipe NHT di kelas V SD Negeri 12 Padang Laban Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan.

Hendri, Malvi (2013) peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan berpenyebut berbeda dengan model cooperative Tipe NHT di kelas V SD Negeri 12 Padang Laban Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MALVI_HENDRI_93658_3132_2013.pdf] Text
final_B1_6_MALVI_HENDRI_93658_3132_2013.pdf

Download (286kB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal di SD Negeri 12 Padang Laban Kec. Basa Ampek Balai Kab. Pesisir Selatan, pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda guru kurang memvariasikan model pembelajaran. Guru hanya menjelaskan materi lalu meminta siswa untuk mencatatnya. Akibatnya minat dan hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan model cooperative tipe NHT pada siswa kelas V SD Negeri 12 Padang Laban Kec. Basa Ampek Balai Kab. Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa dan guru Kelas V SD Negeri 12 Padang Laban Kec. Basa Ampek Balai Kab. Pesisir Selatan dengan waktu penelitian semester I. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda. Penilaian RPP siklus I pertemuan I adalah 61% dan pertemuan II sebesar 71%. Siklus II adalah 96%. Penilaian pelaksanaan terdiri dari aktivitas guru siklus I pertemuan I adalah 60% dan pertemuan II adalah 73%. Siklus II adalah 87%. Aktivitas siswa siklus I pertemuan I adalah 58% dan pertemuan II adalah 75%. Siklus II adalah 85%. Penilaian hasil belajar siklus I pertemuan I adalah 68 dan pertemuan II adalah 71. Siklus II adalah 71. Hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model cooperative tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:24
Last Modified: 25 Jul 2025 01:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16447

Actions (login required)

View Item
View Item