Peningkatan Keterampilan Mendengarkan Melalui Metode Merangkum bagi Siswa Kelas V SD 06 Sigando Padang Panjang Timur

Yurhuda, Yurhuda (2013) Peningkatan Keterampilan Mendengarkan Melalui Metode Merangkum bagi Siswa Kelas V SD 06 Sigando Padang Panjang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YURHUDA_58432_11891_2013.pdf] Text
final_B1_6_YURHUDA_58432_11891_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan penulis selama mengajar di Kelas V SD 06 Sigando Padang Panjang Timur, keterampilan mendengarkan siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Rendahnya kemampuan siswa untuk memahami perkataan guru atau orang lain. (2) Setiap akhir pembelajaran, siswa kurang mampu menjawab pertanyaan guru tentang materi yang sudah diberikan. (3) Rendahnya hasil belajar siswa karena siswa kurang mampu mengingat apa yang sudah didengarnya. (4) Kurangnya kemampuan siswa dalam mengambil kesimpulan pelajaran yang mengakibatkan siswa kurang menguasai materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Peningkatan Keterampilan Mendengarkan Melalui Metode Merangkum Bagi Siswa Kelas V SD 06 Sigando Padang Panjang Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 06 Sigando dengan jumlah 22 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 12 orang perempun. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar pengamatan, dan hasil rangkuman siswa serta penilaian kognitif siswa. Hasil penelitian mendengarkan dengan metode merangkum adalah: Penilaian RPP siklus I adalah 80% dan siklus II naik menjadi 90%. Hasil penilaian keterampilan mendengarkan dilihat dari hasil penilaian merangkum siklus I dan siklus II dengan uraian: Kesesuaian rangkuman dengan isi cerita pada siklus I adalah 69 dan naik menjadi 83,18 pada siklus II. Selanjutnya hasil penilaian siswa terhadap mengidentifikasi unsur-unsur cerita adalah sebagai berikut: Siklus I Ketepatan latar tempat adalah 78 dan siklus II menjadi 89, Ketepatan latar waktu siklus I 70 dan siklus II menjadi 91, Kelengkapan tokoh siklus I 72 dan siklus II menjadi 80. Alur Peristiwa pada siklus I 72 dan siklus II menjadi 77. Rata-rata nilai siswa pada mengidentifikasi siklus I adalah Dengan demikian, metode merangkum dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mendengarkan, Metode Merangkum, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:24
Last Modified: 25 Jul 2025 01:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16445

Actions (login required)

View Item
View Item