Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Pkn dengan Model Cooperative Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 16 Padang Besi Kota Padang

Martesni, Tetri Desliza (2016) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Pkn dengan Model Cooperative Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 16 Padang Besi Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TETRI_DESLIZA_MARTESNI_124900_6152_2016.pdf] Text
final_B1_6_TETRI_DESLIZA_MARTESNI_124900_6152_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran PKn guru masih menggunakan metode konvensional, guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, guru jarang melakukan kegiatan diskusi sehingga siswa tidak terlatih untuk mengemukakan pendapat dan berinteraksi dengan guru dan siswa lainnya, guru hanya memberikan siswa konsep-konsep atau teori dalam pembelajaran Pkn sehingga siswa tidak mampu membangun sendiri pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan model Cooperative Tipe Think Pair Share di kelas V SD Negeri 16 Padang Besi Kota Padang.
Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 24 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan.sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran mengenal bentukbentuk keputusan bersama dengan model Cooperative Tipe Think Pair Share. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2015/2016.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pengamatan aspek guru dan siswa, serta peningkatan aktivitas belajar siswa. Hasil pengamatan aspek guru 80% (B) dan aspek siswa 75% (C) meningkat pada siklus II aspek guru menjadi 95% (A) dan aspek siswa 90% (A). Pada siklus I Aktivitas visual 68,7% (C), aktivitas oral 68,7% (C), aktivitas menulis 68,7% (C), aktivitas emosional 68,7% (C) meningkat pada siklus II aktivitas visual 81,5% (B), aktivitas oral 81,5% (B), aktivitas menulis 81,5% (B) dan aktivitas emosional 81,5% (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: PKN, Model Cooperative, Think Pair Share, Kelas V SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:24
Last Modified: 23 Jul 2025 02:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16444

Actions (login required)

View Item
View Item