Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pkn dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 07 Koto Alam Kabupaten Agam

Septia, Malratu (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pkn dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 07 Koto Alam Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MALRATU_SEPTIA_1108252_3004_2016.pdf] Text
final_B1_6_MALRATU_SEPTIA_1108252_3004_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di SDN 07 Koto Alam bahwa dalam pembelajaran PKn, guru masih mempergunakan metode ceramah sehingga siswa lebih banyak diam. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaiamana rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan motede bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Dimulai dari aspek persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terlihat dari penilaian (1) Perencanaan meningkat dari rata-rata 80 siklus I dengan kategori baik menjadi 92 dengan kategori sangat baik siklus II, (2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru meningkat dari 73 siklus I menjadi 92 siklus II dan pelaksanaan pembelajaran aspek siswa meningkat dari 77,5 siklus I menjadi 91 siklus II serta (3) Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 67,33 siklus I menjadi 82,33 siklus II. Dapat disimpulkan pembelajaran PKn menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:24
Last Modified: 23 Jul 2025 02:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16442

Actions (login required)

View Item
View Item