Agna, Rospanidalti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan menggunakan Media Gambar pada Siswa kelas IV SDN 07 Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ROSPANIDALTI_AGNA_50792_2322_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ROSPANIDALTI_AGNA_50792_2322_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ROSPANIDALTI_AGNA_50792_2322_2012.pdf
Download (286kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SDN 07 Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang menunjukan bahwa pembelajaran PKn masih dilaksanakan secara konvensional dimana guru masih menggunakan metode ceramah dan guru lebih dominan sementara siswa banyak diam serta penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut pada pembelajaran PKn diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2011/ 2012 di SDN 07 Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang dengan subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melaui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 07 Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang terlihat dari (1) hasil belajar siswa pada sranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 64,78 pada siklus I menjadi 79,13 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat dari nilai rata-rata 70,87 pada siklus I menjadi 77,78 pada siklus Iidan pada (3) pada ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata 74,52 pada siklus I menjadi 78,91 pada siklus II. Melihat hasil ini maka penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan media gambar perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Media Gambar |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:24 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16440 |