Rahmiwati, Rahmiwati (2013) Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAHMIWATI_01345_517_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAHMIWATI_01345_517_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAHMIWATI_01345_517_2013.pdf
Download (994kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang kesulitan peserta didik dalam memahami konsep dan materi pembelajaran IPS yang menuntut peserta didik untuk menghafal lebih banyak konsep. Selain itu, pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran bertujuan membuat peserta didik dapat berfikir kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu yang sedang berkembang dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam pembelajaran sebelumnya membuat peserta didik kesulitan dalam menghafal konsep IPS sehingga Peserta didik belum dapat mencapai tujuan pembelajarn IPS yang diharapkan. Untuk itu, peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi dengan menggunakan pendekatan STM. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali Pertemuan yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan pengamat. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar pengamatan dan nilai hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dengan penggunaan pendekatan STM pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 04 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi diperoleh hasil rata-rata dari perencanaan pembelajaran pada siklus I adalah 77 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 100 dengan kategori sangat baik, nilai rata-rata dari pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I adalah 82 dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aspek peserta didik pada siklus I adalah 83 dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 98 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya nilai rata-rata dari hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 75 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 93 dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut terlihat bahwa hasil belajar peserta didik meningkat pada semua aspek yang diamati.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM), Pembelajaran IPS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:23 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16434 |