Sumara, Malik Al Amin (2014) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Strategi Polya Menggunakan Pendekatan STAD Di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MALIK_AL_AMIN_SUMARA_18076_3970_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MALIK_AL_AMIN_SUMARA_18076_3970_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MALIK_AL_AMIN_SUMARA_18076_3970_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SDN 10 Bandar Buat Padang. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran soal cerita siswa jarang menggunakan strategi dan pendekatan dalam penyelesaian soal cerita. Sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan strategi Polya menggunakan Pendekatan STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pembelajaran soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan strategi Polya menggunakan Pendekatan STAD di kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian, pada perencanaan siklus I dengan nilai 76,50 meningkat menjadi 96,43 pada siklus II. Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 79,00 meningkat menjadi 96,87 pada siklus II dan aspek siswa 79,00 pada siklus I meningkat menjadi 96,87 pada siklus II. Hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah 73,55 meningkat menjadi 92,81 pada siklus II. Dapat disimpulkan dengan strategi Polya menggunakan pendekatan STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Strategi Polya, Pendekatan STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16432 |