Junaidah, Siti (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Dengan Penggunaan Metode Multisensori di PAUD Kenanga Silaut 3 Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_SITI_ JUNAIDAH_99249_3458_2013.pdf [thumbnail of B1_07_SITI_ JUNAIDAH_99249_3458_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_SITI_ JUNAIDAH_99249_3458_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaandi lembaga pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Dua Silaut Tiga Kabupaten Pesisir Selatan. Permasalahan ini diduga karena media yang di gunakan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemam puan anak mengucapkan huruf, mengenal huruf menjadi kata, dan menulis huruf. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Dua Silaut Tiga sebanyak lima belas orang. Pengumpulan data melalui lembar observasi, dan setelah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, penga matan dan refleksi data yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadinya peningkatan kemampuan anak dalam membaca permulaan melalui metode multisensori, dimana terjadi (1) peningkatan dalam kemampuan anak mengucapkan huruf, (2) penigkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf menjadi kata, (3) penigkatan kemampuan anak menulis huruf. Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan bagi para pendidik PAUD dan orang tua, dalam upaya mengoptimalkan perkembangan kemampuan membaca permulaan anak usia dini mengunakan metode multi sensori. Untuk pembelajaran dalam rangka pembelajaran usia dini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16431 |