Peningkatan Hasil Belajar Sifat Sifat Bangun Ruang dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 03 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Rosneli, Rosneli (2013) Peningkatan Hasil Belajar Sifat Sifat Bangun Ruang dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 03 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ROSNELI_57138_2338_2013.pdf] Text
final_B1_6_ROSNELI_57138_2338_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di SD Negeri 03 Pasaman, guru dalam mengajarkan sifat-sifat bangun ruang belum mengaitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, akibatnya hasil belajar rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang diteliti berjumlah 28 orang. Hasil penelitian siklus I pada perencanaan diperoleh hasil 72%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 73%, dan dari aspek siswa 66%, dan hasil tes akhir nilai rata-rata siswa 65,6. Sedangkan pada siklus II tahap perencanaan diperoleh hasil 89%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 91%, dari aspek siswa 86%, dan hasil tes akhir siswa meningkat menjadi 77,1. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sifat-sifat bangun ruang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sifat Sifat Bangun Ruang, Pendekatan Konstruktivisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:22
Last Modified: 25 Jul 2025 01:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16429

Actions (login required)

View Item
View Item