Rahman, Fadel (2017) Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Thermodinamika di Jurusan Teknik Mesin FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_FADEL_RAHMAN_1206281_1434_2017.pdf [thumbnail of final_B1_07_FADEL_RAHMAN_1206281_1434_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_FADEL_RAHMAN_1206281_1434_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tidak ditemukan bagian abstrak dalam file yang Anda kirimkan. Namun, isi dari Bab I Pendahuluan dan Bab V Penutup menjelaskan secara eksplisit bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Collaborative Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Thermodinamika. Ringkasan berdasarkan hasil penelitian di Bab V: Penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Collaborative Tipe Jigsaw dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata hasil post-test kelas eksperimen mencapai 82,05 dibandingkan dengan 75,06 di kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe Jigsaw lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Thermodinamika.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Collaborative, Jigsaw, Hasil Belajar, Thermodinamika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:22 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16426 |