Putri, Yunita Eka (2015) Penggunaan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Interaksi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II SD 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUNITA_EKA_PUTRI_1100702_5670_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUNITA_EKA_PUTRI_1100702_5670_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUNITA_EKA_PUTRI_1100702_5670_2015.pdf
Download (930kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 belum sesuai dengan konsep yang diharapkan, dalam pembelajarannya guru masih sulit memadukan beberapa mata pelajaran, guru kurang memupuk kemampuan siswa untuk memecahkan masalah nyata yang ada disekitarnya, hal ini disebabkan karena kurangnya interaksi siswa dengan guru, siswa dengan siswa, siswa dengan benda-benda disekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan interaksi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas II SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Jenis pendekatan ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Sumber data adalah proses pelaksanaan penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan interaksi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas II SDN 15 Ulu Gadut. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 15 Ulu Gadut yang berjumlah sebanyak 26 orang, peneliti berperan sebagai praktisi, guru kelas berperan sebagai observer, penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus. Hasil penelitian pada RPP pada siklus I adalah 80,5 %, RPP pada siklus II adalah 94,4 %. Pengamatan aktifitas guru pada siklus I 85 %, pengamatan aspek guru pada siklus II adalah 90 %. Penilaian interaksi belajar pada siklus I adalah 62,2%, penilaian interaksi belajar siswa pada siklus adalah 83,4%. Dengan demikian peningkatan interaksi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat diimplementasikan di Kelas II SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Interaksi Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:21 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16422 |